Tokoh Inspiratif

Oleh : I Wayan Sugiarta

Pada buletin edisi IV kami akan menampilkan seorang tokoh yang religius dan inspiratif yang telah berpengalaman selama kurang lebih 13 tahun di perusahaan ini dan sudah merasakan berbagai macam situasi dan kondisi perusahaan.

Berikut adalah hasil tanya jawab team redaksi dengan tokoh tersebut

Team Redaksi  :

Sepengetahuan kami bapak telah memiliki jam terbang yang cukup lama di perusahaan ini, barangkali bapak dapat ceritakan sedikit pengalaman bapak sejak bergabung di perusahaan ini? 

Bapak Wahyono :

Saya bergabung di Perusahaan ini sejak bulan Oktober  tahun 2004, sudah hampir 13 tahun. Awalnya saya hanya  sebagai Operator Produksi kemudian setelah 1 Tahun berjalan saya mengikuti tes kompetensi sebagai Setter Produksi dan Alhamdulillah  saya lolos tes . Pada saat awal  bergabung, perusahaan mempunyai 2 line produksi, yaitu Tubing Hose dan Synthetic Fiber atau Viro Fiber. Tantangan yang dihadapi pada saat saya jadi setter, saya dituntut untuk cepat beradaptasi dan cepat untuk setting produk. Dan saya di fokuskan untuk setting produk VIRO.  Pada tahun  2009,  sempat terjadi penurunan order. Dan dampak dari penurunan order tersebut berakibat pada pengurangan karyawan dan  perubahan system kerja. Saat itu saya banyak mengalami  perubahan posisi dari koordinator setter menjadi  jadi GL Produksi, Setter operator, dan ditarik kembali untuk menjadi GL PE. Seiring waktu berjalan, saya dipanggil oleh atasan saya  untuk dijadikan Setter  Non Shift untuk bantu analisa produk. Saat ini posisi sebagai Kasie PE.

Pelajaran yang dapat kita petik dari pengalaman diatas adalah kita harus selalu siap untuk melakukan perubahan karena lingkungan kita selalu berubah. Seperti kata bijak “ Tidak ada yang pasti didunia ini kecuali perubahan itu sendiri “. Dalam melakukan pekerjaan kita harus selalu siap melakukan perubahan – perubahan untuk kemajuan organisasi dan pengembangan diri kita sendiri.

Team Redaksi  :

Dalam karir bapak selanjutnya, mungkin ada pengalaman – pengalaman bapak yang dapat dijadikan pelajaran bagi karyawan lain khususnya dalam melakukan dan menjalakan tugas untuk bisa membantu pengembangan bisnis PT. Polymindo Permata ?

Bapak Wahyono :

Jangan mudah menyerah dalam menghadapi masalah. Dalam setiap masalah yang kita hadapi selalu ada peluang yang dapat kita manfaatkan untuk kemajuan dan yang terpenting utamakanlah teamwork kerja

Team Redaksi  :

Karir bapak tentunya gak pernah sepi dari tantangan-tantangan , dapat bapak ceritakan tantangan-tantangan signifikan yang pernah bapak hadapi

Bapak Wahyono :

Tantangan yang sangat berat untuk saya hadapi adalah pada saat saya harus merubah pribadi saya untuk jauh lebih baik lagi dan mengajak semua rekan kerja saya yang berada dilapangan untuk bekerja juga jauh lebih baik lagi, dari tahun-tahun sebelumnya. Dan merubah cara kerja yang lebih effektif dan lebih baik

Team Redaksi  :

Adakah Kiat- Kiat Khusus yang bapak gunakan dalam mengadapi tantangan yang bapak hadapi dalam menjalankan tugas bapak selama di Polymindo ?

Bapak Wahyono :

Saya tidak punya kiat khusus. Yang paling utama dalam menjalankan tugas di Perusahaan adalah kejujuran dalam bekerja. Kedua, bekerja sebaik mungkin, Ketiga jadikan tujuan kerja kita sebagaian dari  ibadah  dan jangan pernah menolak apa yang ditugaskan kepada kita sepanjang itu untuk kepentingan perusahaan. Selanjutnya berdoa agar diberikan yang terbaik dan bertawakkal kepada Tuhan yang Maha Kuasa.