Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja

Oleh : Ali Mashudi Secara umum yang dimaksud dengan produktivitas kerja adalah perbandingan antara hasil yang dicapai (output) dengan keseluruhan sumber daya yang digunakan (input).  Konsep produktivitas dikembangkan untuk mengukur besarnya kemampuan menghasilkan nilai tambah atas komponen masukan yang digunakan (Cahyono, 1996: 281).  Secara sederhana produktivitas yang dimaksud disini adalah perbandingan ilmu hitung antara jumlah yang dihasilkan dan jumlah setiap sumber yang digunakan selama kegiatan berlangsung. Pengertian produktivitas tersebut di atas menguraikan peningkatan produksi maupun peningkatan produktivitas yang pada dasarnya menjadi peran utama adalah sumber daya manusia dalam proses peningkatan produktivitas, karena alat produksi dan teknologi pada hakekatnya merupakan hasil kerja manusia.  Sehingga peningkatan produktivitas dapat dilihat dalam 3 bentuk yaitu: Jumlah produksi meningkat menggunakan sumber daya... Selengkapnya  »»

Tokoh Inspiratif

Oleh : I Wayan Sugiarta Pada buletin edisi IV kami akan menampilkan seorang tokoh yang religius dan inspiratif yang telah berpengalaman selama kurang lebih 13 tahun di perusahaan ini dan sudah merasakan berbagai macam situasi dan kondisi perusahaan. Berikut adalah hasil tanya jawab team redaksi dengan tokoh tersebut Team Redaksi  : Sepengetahuan kami bapak telah memiliki jam terbang yang cukup lama di perusahaan ini, barangkali bapak dapat ceritakan sedikit pengalaman bapak sejak bergabung di perusahaan ini?  Bapak Wahyono : Saya bergabung di Perusahaan ini sejak bulan Oktober  tahun 2004, sudah hampir 13 tahun. Awalnya saya hanya  sebagai Operator Produksi kemudian setelah 1 Tahun berjalan saya mengikuti tes kompetensi sebagai Setter Produksi dan Alhamdulillah  saya lolos tes . Pada saat awal  bergabung, perusahaan mempunyai 2 line produksi, yaitu Tubing Hose dan... Selengkapnya  »»

EFISIENSI KERJA

Oleh : Taryana Secara umum efisiensi dapat dipahami dengan mendasarkan pada konsep bagaimana mendapatkan hasil atau output yang maksimal dengan memberdayakan sumber-sumber daya yang dimiliki. ”Efficient is doing the things right”, melakukan segala hal dengan cara yang tepat untuk mendapatkan hasil yang optimal (Adiwarman A. Karim 2006). Jeff Madura, 2007. Perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan efisiensi produksi (production efficiency), yaitu diindikasikan dengan biaya yang lebih rendah untuk jumlah output dan tingkat mutu tertentu. Semua yang terlibat dalam sebuah organisasi tersebut dari level top sampai dengan bottom harus mencari cara bagaimana mengelola semua sumber daya yang ada untuk dikelola secara maksimal sehingga dapat meningkatkan efisiensi. Sebuah organisasi perusahaan harus menyadari sangat perlunya melakukan peningkatan efisiensi atau karena pesaing lain bisa jadi lebih efisien dalam beberapa hal dan akhirnya mampu... Selengkapnya  »»

7 KEBIASAAN ORANG YANG INOVATIF

oLeH : Firmansyah P ernahkah anda melihat orang-orang yang sangat inovatif dan merasa mereka adalah makhluk khusus yang diberkati dengan talenta? Pernahkah anda merasa bahwa anda tidak beruntung? Dulu saya merasa seperti ini. Saya telah belajar bahwa inovasi adalah lebih tentang psikologi daripada intelektualitas, dan tidak ada rahasia untuk menjadi inovatif. Sebenarnya, tidak ada hal seperti “menjadi lebih inovatif”, anda sebetulnya sudah menjadi makhluk yang inovatif. Saya yakin kita semua dapat mengingat saat-saat ketika kita merasa terjebak mencoba untuk melakukan hal-hal yang inovatif. Apakah anda tahu bahwa batasan ini hanya pikiran anda di tempat kerja? Pikiran anda telah menciptakan segala macam asumsi, kendala dan hambatan yang membatasi diri. Saya telah menemukan bahwa kita dapat menghapus asumsi tersebut hanya dengan berada pada saat ini, mulai melakukan, dan berhenti... Selengkapnya  »»

Strategi untuk mencapai Sukses

Oleh : M. Subhan Kesuksesan merupakan tujuan hidup bagi semua orang.  Mereka berupaya untuk mencapai suatu kesuksesan demi memenuhi kebutuhan dan beberapa keinginannya.  Tak semua orang bisa menggapai mimpi atau meraih kesuksesannya.  Namun hal itu tidak lebih buruk dari orang yang tidak mau mencoba peluang dan memaksimalkan potensi yang ada didalam dirinya untuk berusaha mencapai kesuksesan.  Meskipun tolak ukur kesuksesan bagi masing-masing orang berbeda, beberapa tips dibawah ini bisa kamu coba terapkan untuk menunjang perjalananmu dalam mencapai kesuksesan.  Check this out! Kenali dan Gali Kelebihanmu Lebih Dalam Banyak orang yang salah dalam menentukan titik awal dalam hal ini.  Sebelum kamu memulai untuk merealisasikan sebuah mimpi atau target,kamu harus benar-benar mengenali potensi dan kelebihan yang kamu miliki.  Jika sudah memahami potensi yang dimiliki, mulai untuk... Selengkapnya  »»

BUDAYA PERUSAHAAN YANG POSITIF BERKONTRIBUSI TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS KARYAWAN

Oleh : Rudy Hartono “Dalam budaya positif ada pemimpin hebat yang mengurangi potensi risiko organisasi. Dia bekerja dengan tanggung jawab agar masa depan organisasi terhapuskan dari unsur-unsur perusak budaya baik.”~Djajendra Insan korporasi yang berbudaya pastinya memiliki sikap dan perilaku berdasarkan nilai-nilai budaya perusahaan. Perusahaan yang sehat adalah yang mampu menyediakan lingkungan kerja yang positif, sehingga setiap insan perusahaan mudah menjalani kehidupan kerja yang lebih bahagia dan lebih melayani. Kesadaran manajemen perusahaan untuk menyiapkan lingkungan kerja berdasarkan budaya organisasi yang unggul, akan menjadikan para insan perusahaan menghabiskan sebagian besar waktu kerja mereka dengan produktif. Budaya organisasi yang berkualitas akan membiasakan dan menguatkan kepribadian karyawan dengan nilai-nilai dan pola kerja positif. Hal ini akan menjadikan karyawan tidak hanya hebat di tempat kerja;... Selengkapnya  »»

TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERUSAHAAN

Oleh : Ahmad Nazmudin Teknologi Informasi. Dewasa ini dalam upaya memenangkan persaingan dalam dunia bisnis, penerapan teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan sebagai alat bantu agar organisasi tersebut dapat lebih maju dan berkembang. Pembangunan teknologi informasi dan komunikasi pada suatu perusahaan dilakukan secara bertahap, hal tersebut disesuaikan berdasarkan kekuatan dari sumber daya yang dimiliki oleh organisasi tersebut. Di dalam penerapannya tersebut, rencana strategis dari suatu teknologi informasi senantiasa disesuaikan dengan rencana dari perusahaan atau organisasi yang bersangkutan, supaya penerapan dari teknologi informasi tersebut dapat menghasilkan nilai yang baik bagi perusahaan atau organisasi tersebut. Peran TI pada Perusahaan Berbicara tentang arsitektur pada teknologi informasi perusahaan, dalam penerapannya teknologi informasi yang akan dilakukan dikategorikan sebagai... Selengkapnya  »»