SIAPA DIA

Oleh : I Wayan Sugiarta Tokoh yang akan kita tampilkan pada buletin edisi ke-3 adalah Bpk. Hardjanto Nusantoro. Berikut adalah hasil tanya jawab team redaksi dengan tokoh tersebut Team Redaksi : Sepengetahuan kami bapak telah memiliki jam terbang yang cukup lama di perusahaan ini, barangkali bapak dapat ceritakan sedikit pengalaman bapak sejak bergabung di perusahaan ini ? Pak Hardjanto : Saya bergabung di Perusahaan ini sejak bulan November tahun 2005, sudah hampir 12 tahun, awalnya sebagai Assistant General Manager, kemudian setelah 6 bulan alhamdulillah dipercaya sebagai General Manager sampai sekarang. Pada saat awal saya bergabung, perusahaan mempunyai 2 line produksi, yaitu Tubing Hose dan Synthetic Fiber atau Viro Fiber. Tantangan yang dihadapi pada saat itu cukup berat. Produk tubing hose mendapat persaingan yang cukup ketat dari industri rumah tangga. Harga jual kita sulit bersaing dengan industri rumah tangga karena mereka tidak dibebani... Selengkapnya  »»

EFISIENSI TEKNIS

Oleh : Suseno Catur Febriyanto Kata dasar efisiensi adalah efisien yang sebanarnya berasal dari bahasa latin efficere yang artinya menghasilkan atau menjadikan. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), efisiensi diartikan sebagai kemampuan dalam melakukan pekerjaan dengan tepat dan baik (Dengan menghemat tenaga, waktu dan biaya). Emerson juga mengartikan efisiensi adalah usaha dalam meraih tujuan agar tercapai dengan maksimal meski dengan kemampuan terbatas. Dalam hal ini yang dimaksud dengan "kemampuan" adalah sumber daya (Resources). Rica Amanda (2010) membedakan efisiensi menjadi tiga, yaitu Efisiensi Teknis (Technical Efficiency), Efisiensi Harga (Cost Efficiency) dan Efisiensi Ekonomis. Efisiensi ekonomis merupakan produk dari efisiensi teknik dan efisiensi harga, sehingga efisiensi ekonomis dapat tercapai jika efisiensi efisiensi teknis dan efisiensi harga dapat tercapai. Efisiensi ekonomis mempunyai sudut pandang makro... Selengkapnya  »»

MENGENAL JENIS POLA ANYAMAN

Oleh : Akhmadi Yani Anyaman Rotan sudah dikenal sejak lama. Variasi Pola anyaman pun sangat beragam. Bahkan diduga orang mengenal produk rotan ini dimulai dari bentuk/pola anyaman. Variasi Pola anyaman rotan penuh dengan jalinan geometris yang dekoratif. Adapun jenis-jenis istilah anyaman yang unik yaitu Basket, Bandeau, Herringbone, Bunga Tanjung, Wajik, Terasiring dll. Keindahan corak anyaman rotan sangat beragam. Corak itu dirancang oleh para pengrajin rotan secara turun temurun berdasarkan tradisi nenek moyang Bila ada anyaman rotan kreasi baru, itu hanya pengembangan dari corak anyaman yang sudah ada. Dalam konteks ini, hanya sebagian kecil corak anyaman yang disajikan dengan istilah-istilah atau nama dari anyaman yg existing serta istilah-istilah yang dikembangkan di PT. Polymindo Permata. Terkadang anyaman tidak memiliki nama. Corak anyaman rotan ini merupakan elemen dekoratif yang khas dan banyak digunakan untuk keperluan estetika kursi rotan dalam... Selengkapnya  »»

PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM DUNIA KERJA

Oleh : Rahmat Hidayat Kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang Teknologi Informasi merupakan sesuatu yang patut kita syukuri karena dengan kemajuan tersebut akan memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakannya. Teknologi Informasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, dll. Berikut beberapa manfaat Teknologi Informasi dalam dunia kerja : Teknologi Informasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi... Selengkapnya  »»

ISTILAH POKA YOKE DAN PENERAPANNYA DALAM PRODUKTIVITAS DI PT.POLYMINDO PERMATA

Oleh : Eka Agustiana. Kata “Poka Yoke” berasal dari bahasa Jepang yang artinya adalah mencegah kesalahan yang dikarenakan oleh  kecerobohan oleh tenaga kerja manusia. PokaMisu = Kesalahan yang dikarenakan kecerobohan (careless mistakes) dan Yokeru = Menghindari (avoid). Poka Yoke adalah suatu teknik untuk mengatasi dan menghindari kesalahan sederhana yang dikarenakan oleh manusia atau pekerja tersebut ( human error ) di tempat kerja dengan cara mencegahnya langsung dari akar penyebab kesalahan dan menarik perhatian khusus dalam suatu pekerjaan atau tugas sehingga tidak memiliki kemungkinan untuk membuat kesalahan. Konsep Poka Yoke ini pertama diperkenalkan sekitar tahun 1960-an oleh Shigeo Shingo yang merupakan bagian dari Sistem Produksi Totoya ( Toyota Production System ). Metode Poka Yoke ini juga merupakan salah satu alat untuk peningkatan kualitas dalam metodologi Six Sigma dan strategi penjaminan kualitas ( Quality Assurance )... Selengkapnya  »»

MOTIVASI PEMACU SUKSES

oleh : Rudy Hartono Setiap orang tentu menginginkan kehidupan yang enak, nyaman, dan sukses kan? tapi tahukah kamu, untuk mencapai tujuan tersebut tentu kita perlu melewati perjalanan panjang yang penuh dengan rintangan. Kehidupan sukses yang diidam - idamkan setiap orang membutuhkan pengorbanan yang nggak mudah. Setiap orang ingin sekali sukses dalam berkarir, tapi nggak semuanya mau dan mampu berjuang untuk meraihnya. Maka dari itu, nggak heran kalau banyak sekali orang gagal dan hampir putus asa dalam hidupnya. Tujuan yang belum jelas membuat seseorang berjuang tanpa arah, sebelum kamu memulai cobalah untuk mematok target terlebih dahulu. Nggak usah tinggi-tinggi, asal target tersebut masuk akal dan bisa memacu semangatmu itu. Walaupun kamu sudah mempunyai target, pasti suatu saat akan ada kegagalan-kegagalan yang akan membuatmu putus asa. Disaat inilah kamu akan dihadapkan pada pilihan, melanjutkan atau menyerah karena kegagalan. Jika kamu memilih... Selengkapnya  »»

CULTURE CAPITAL (BUDAYA SEBAGAI MODAL)

oleh : Yudi Hendriatmoko Banyak kita lihat ataupun mengalami sendiri Saat akan meninggalkan hotel, seluruh staff, termasuk Cleaning Service dan Orang Dapur, berkumpul di lobby dan mengucapkan selamat jalan pada tamunya. Begitu mengesankan Hotel yang biasa - biasa saja, segera merebut hati pelanggan, dengan keramahan yang 'tanpa ongkos'. Bukankah ini gambaran nyata budaya perusahaan yang tidak hanya slogan, namun terasa berdampak positif dan membedakannya dari yang lain? Bicara soal budaya mari kita tengok pulau Bali. siapa yang tidak terpukau, bahkan terus ingin bolak - balik datang ke sana? Apa yang membedakan pulau ini dari pulau - pulau lainnya? Kita bisa melihat betapa warganya ramah dan pandai menyapa. Ada bunyi - bunyian gamelan disore hari yang berasal dari banjar tempat latihan tari. Sesajen ditemukan diseluruh penjuru pulau, digerbang rumah, toko, sawah, bahkan didalam mobil karena  menjaga kepercayaan yang mereka miliki. Tidak hanya... Selengkapnya  »»